Wednesday, October 7, 2020

T3 ST2 PB1 DAN PB2

BAHASA INDONESIA

3.2 Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca 

IPA

3.4 Mengidentifikasi komponenkomponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana

IPS

3.2 Menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia

PPKn

3.2 Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari.


BAHASA INDONESIA


Paragraf 1: Topik Masalah
Penemuan televisi oleh John Logie Baird.


Paragraf 2: Deret Penjelas
Prinsip kerja televisi secara umum adalah mengubah sinyal elektonik dan magnetik menjadi gambar dan suara. Sinyal tersebut berupa gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang terdiri atas medan magnet dan medan listrik.

Paragraf 4: Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Jadi, televisi adalah sebuah media telekomunikasi yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara. Sehingga televisi dapat diartikan sebagai “alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan”.


IPS
Pengaruh Televisi terhadap kehidupan masyarakat di lingkunganku
Beragam Informasi di Televisi, meliputi:
1. Berita
2. Film
3. Talk Show
4. Kuis
6. Hiburan
7. Gosip
8. Sinetron
9. Musik

Pengaruh TV Positif  pada Pendidikan
1. Tambahan informasi
2. Memberikan tayangan pendidikan atau kecakapan hidup
3. Memunculkan kreativitas
4. Mengetahuai situasi pendidikan saat ini

Pengaruh TV Negatif pada Pendidikan
1. Menjadi Pemalas
2. Contoh tidak benar dapat merusak moral
3. Kurang peduli lingkungan sekitar

Pengaruh TV Positif pada Ilmu Pengetahuan
1. Menambah ilmu pengetahuan
2. Belajar dari pengalaman orang lain dapat menambah wawasan

Pengaruh TV Negatif pada Ilmu Pengetahuan
1. Jika digunakan tidak tepat, dapat dgunakan sebagai sarana penipuan
2. Banyak barang tiruan atau ilegal dengan mencontoh di TV


IPA






PPKn

1. Mengapa penemuan jam berkembang dari waktu ke waktu?

Karena jam menjadi patokan waktu sehingga terus dikembangkan agar mampu menunjukkan waktu yang pasti dan akurat.

2. Apa manfaat jam dalam kehidupan sehari-hari?

Sebagai penunjuk waktu


Jam, Membantu Siti Tepat Waktu

Siti selalu menggunakan jam untuk mengatur kegiatannya sehari-hari. Siti bangun pagi pukul 05.00. Setelah ibadah dan mandi, Siti sarapan pagi. Siti berangkat sekolah pukul 06.00. Siti berangkat sekolah dengan berjalan kaki karena jarak rumahnya yang tidak terlalu jauh. Siti menempuh perjalanan 20 menit. Bel masuk sekolah pukul 06.45. Siti hampir tidak pernah terlambat untuk datang ke sekolah. Ia berusaha untuk disiplin datang tepat waktu ke
sekolah.

Siti pulang sekolah pukul 14.00. Ia langsung pulang ke rumah. Sesampainya di rumah, Siti istirahat. Pukul 16.00, Siti mandi. Setelah ibadah dan makan malam, Siti pun belajar. Ia belajar pukul 19.00-20.30. Ia mengerjakan PR, belajar untuk materi esok hari atau belajar untuk persiapan tes. Siti juga mengumpulkan tugas-tugasnya tepat waktu. Siti melakukan kegiatan sehari-harinya dengan teratur. Ia belajar menjadi pribadi yang disiplin terhadap waktu.

1. Hal baik apa yang sudah dilakukan Siti?

Mengatur kegiatannya dengan teratur.

2. Apakah Siti mengatur waktunya dengan teratur?

Ya, Siti telah mengatur waktunya dengan teratur.

3. Mengapa Siti mengatur waktunya dengan teratur?

Karena ia ingin menjadi pribadi yang disiplin terhadap waktu.

4. Apa manfaat yang Siti dapatkan ketika ia mengatur waktunya dengan teratur?

Ia tidak pernah terlambat datang ke sekolah maupun mengumpulkan tugas sekolah sehingga nilainya bisa meningkat.

5. Menurutmu, apakah Siti adalah pelajar yang baik?

Ya, sebagai pelajar ia telah melaksanakan kewajiban dengan baik dan teratur.

6. Apakah Siti melaksanakan kewajibannya sebagai pelajar? Mengapa?

Ya, karena hal itu wajib demi mencapai cita-citanya. Contohnya mengerjakan PR, belajar untuk materi esok hari atau belajar untuk persiapan tes, serta mengumpulkan tugas tepat waktu.

Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab


LATIHAN SOAL BAHASA INDONESIA

LATIHAN SOAL IPS

LATIHAN SOAL IPA

LATIHAN SOAL PPKn

No comments:

Post a Comment

T.4 SUBTEMA 1 PB 6

 BAHASA INDONESIA 3.2 Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca. PPKN 3.3 Menelaah keberagaman sosial, buday...