BAHASA INDONESIA
3.2 Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca
IPA
3.4 Mengidentifikasi komponenkomponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana
IPS
3.2 Menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia
PPKn
3.2 Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari.
BAHASA INDONESIA
Paragraf 1: Topik Masalah
Penemuan televisi oleh John Logie Baird.
Paragraf 2: Deret Penjelas
Prinsip kerja televisi secara umum adalah mengubah sinyal elektonik dan magnetik menjadi gambar dan suara. Sinyal tersebut berupa gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang terdiri atas medan magnet dan medan listrik.
Paragraf 4: Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Jadi, televisi adalah sebuah media telekomunikasi yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara. Sehingga televisi dapat diartikan sebagai “alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan”.
Pada teks di atas terdapat beberapa kalimat tidak efektif:
IPS
Pengaruh Televisi terhadap kehidupan masyarakat di lingkunganku
Beragam Informasi di Televisi, meliputi:
1. Berita
2. Film
3. Talk Show
4. Kuis
6. Hiburan
7. Gosip
8. Sinetron
9. Musik
Pengaruh Positif TV pada Pendidikan
1. Tambahan informasi
2. Memberikan tayangan pendidikan atau kecakapan hidup
3. Memunculkan kreativitas
4. Mengetahuai situasi pendidikan saat ini
Pengaruh Negatif TV pada Pendidikan
1. Menjadi Pemalas
2. Contoh tidak benar dapat merusak moral
3. Kurang peduli lingkungan sekitar
Pengaruh Positif TV pada Ilmu Pengetahuan
1. Menambah ilmu pengetahuan
2. Belajar dari pengalaman orang lain dapat menambah wawasan
Pengaruh Negatif TV pada Ilmu Pengetahuan
1. Jika digunakan tidak tepat, dapat dgunakan sebagai sarana penipuan
2. Banyak barang tiruan atau ilegal dengan mencontoh di TV
IPA
LATIHAN SOAL BAHASA INDONESIA
LATIHAN SOAL IPS
LATIHAN SOAL IPA
No comments:
Post a Comment